Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Saat Sedang Digunakan

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Saat Sedang Digunakan
loading...
cara mengatasi laptop mati mendadak
Bagi anda para pengguna laptop, pasti pernah mengalami laptop mati sendiri saat sedang anda gunakan. Tentu hal tersebut sangat membuat anda kecewa, apalagi saat anda sedang mengerjakan pekerjaan anda. Tanpa anda ketahui hal tersebut merupakan kejadian yang sangat sering sekali terjadi, banyak sekali macam yang menyebabkan laptop anda mati mendadak.

Tidak memandang laptop tersebut dalam keadaan baru atau bekas hal ini akan terjadi, sebab semua laptop memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk menghindari hal itu sebaiknya anda sering menservis laptop anda agar kesehatan laptop anda terjaga.

Lalu, bagaimana cara mengatasi laptop yang mati sendiri? sebelum membahas cara mengatasinya sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui penyebab laptop anda mati sendiri saat anda gunakan.

Beberapa penyebab yang sering sekali terjadi yang membuat laptop anda mati sendiri.

1. Sistem Operasi Bermasalah
Kegagalan sebuah sistem dapat mempengaruhi kinerja sebuah laptop. Laptop tersebut tidak bisa login dan tidak dapat booting, akan tetapi laptop tersebut bisa mengakses BIOS. Banyak macam yang menyebabkan kegagalan sistem di antara lain file terhapus oleh virus, file system corrupt dan beberapa hal lainnya.

2. Batrai Laptop Habis
Hal ini ini merupakan hal yang sangat sering sekali terjadi, sangkingkan asikannya bermain game ataupun sedang mengerjakan kerjaan sampai-sampai lupa akan daya batrai laptop anda. Hal ini sebaiknya tidak terjadi, karena seringnya laptop kehabisan batrai akan menyebabkan batrai laptop anda menjadi gembung.

3. Chipset BIOS Rusak
Chipset BIOS rusak biasa di tandai dengan laptop hidup dan tidak beberapa lama akan mati sendiri. Hal tersebut terjadi karena chipset laptop anda terlalu panas, ini di karenakan laptop anda bekerja terlalu berlebihan. Cara mengatasi laptop mati hidup akan di bahas di artikel ini.

4. RAM Terlepas Dari Tempatnya
Laptop yang sering anda pindah-pindahkan akan sering sekali mendapatkan guncangan, hal ini bisa menyebabkan RAM anda terlepas dari tempatnya. Tanda-tanda RAM terlepas dari tempatnya, Laptop anda masih bisa di nyalakan akan tetapi tidak bisa proses masuk sistem operasi.

Nah, itulah beberapa penyebab yang sangat sering sekali terjadi dan sering sekali anda tidak menyadarinya. Lantas bagaimana cara mengatasi laptop tiba-tiba mati mendadak, sebaiknya anda memperhatikan cara berikut ini.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

1. Perbaiki System Operasi Yang Bermasalah
Pada permasalahan system operasi ini anda tidak perlu takut akan mengeluarkan uang untuk memperbaikinya, anda tinggal memilih menginstal ulang atau dengan memperbaikinya dengan fitur sistem perbaikan yang sudah tersedia di laptop anda.

2. Memperbaiki Chipset BIOS Rusak
Untuk cara mengatasi hal ini sebaiknya di lakukan para penservis laptop yang sudah berpengalaman. Jika anda tetap memaksa ingin memperbaikinya sendiri anda akan kebingungan dan tambah lagi laptop anda akan tambah rusak, jadi lebih baik di perbaiki ke tukang servis.

3. Bersihkan RAM Dan Tempatnya
Bersihkan RAM laptop anda dengan cara mencabutnya dari laptop dan bersihkan dengan penghapus pensil, bersihkan kerak pada RAM anda sampai sebersih-bersihnya dan jangan lupa untuk membersihkan tempat RAM tersebut berada.

Nah, sekian pembahasan artikel tentang cara mengatasi laptop mati sendiri saat sedang anda gunakan. Sebaiknya anda kenali terlebih dahulu permasalahannya lalu atasi dengan benar. Semoga artikel ini bisa membantu anda mengatasi kesulitan anda.

loading...
Sign out
Baca Juga ×
Powered by Blogger.