Cara Mempercepat Koneksi Internet Hingga Jauh Lebih Cepat

Cara Mempercepat Koneksi Internet Hingga Jauh Lebih Cepat
loading...
Cara Mempercepat Koneksi Internet

TEK-NOW - Cara Mempercepat Koneksi Internet Hingga Jauh Lebih Cepat - Semenjak smartphone mulai banyak di gunakan, Internet pun berubah menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Apalagi internet dapat membantu kebutuhan kita sehari-hari. Contohnya, kita dapat mengetahui berita terupdate di seluruh dunia, bahkan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.


Di saat koneksi Internet menjadi lambat, kita pun jadi kebingungan karena tidak bisa mengakses apapun, tentu ini menjadi masalah serius.


Disini saya akan memberikan tips mempercepat koneksi internet yang lemot ataupun lambat pada smartphone anda. Saya akan mengulas beberapa point-point penting sebagai berikut.


  • Penyebab Koneksi Internet Menjadi Lemot/Lambat.
  • ‎Cara Mempercepat Koneksi Internet.

Simak ulasan point-point penting di bawah ini.


I. Penyabab Koneksi Internet Menjadi Lemot/Lambat


Sebelum saya membahas lebih jauh cara mempercepat koneksi internet, sebaiknya anda harus mengetahui juga apa penyebab koneksi menjadi lemot/lambat. Berikut penyebab koneksi menjadi lemot/lambat.


1. Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan Di Smartphone


Aplikasi yang berjalan di smartphone merupakan salah satu penyebab koneksi internet menjadi lemot. Jika disebutkan sangatlah banyak, sebagai contoh aplikasi yang berjalan di smartphone anda seperti BBM, LINE, Facebook Messenger, WeChat, WhatsApp, Path, Twitter, Instagram, dan lain-lainnya.


Semua aplikasi diatas, belum mencakup semua aplikasi-aplikasi yang anda miliki. Bayangkan saja, jika 1 aplikasi membutuhkan koneksi internet 20 kb per-menit, jika anda memiliki 10 aplikasi yang berjalan secara bersamaan maka anda bisa menghitungnya sendiri berapa konsumsi data yang dibutuhkan dari semua aplikasi tersebut.


Solusinya adalah menonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak di butuhkan supaya tidak mengakses koneksi Internet.


2. Tumpukan File Sampah Android Yang Tidak Pernah di Hapus


Tanpa anda ketahui, tumpukan file sampah merupakan penyebab koneksi internet anda menjadi lemot. Tidak hanya pada koneksi internet saja, file sampah juga mempengaruhi performa Android yang anda miliki.


File sampah ada pada saat anda menjalankan semua aplikasi di smartphone anda, baik itu berupa history, temporary, atapun yang lainnya. Solusinya tentu anda harus menghapusnya file sampah tersebut.


Berikut cara menghapus file sampah secara manual.


Buka menu pengaturan di smartphone anda » Buka Setelan Tambahan »  Buka Manajemen Aplikasi » Cari menu “Nama Aplikasi” yang ingin di hapus » Kemudian tap “Hapus Cache”. Seketika file sampah itu akan terhapus.

Cara menghapus Cache di atas saya lakukan pada Smartphone sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone berbeda, anda bisa menyesuaikan sendiri.

3. Salah Setting Jaringan

Kesalahan Setting pada jaringan membuat koneksi anda menjadi lemot/lambat atau samapai tidak bisa mengakses internet sama sekali.


Kesalahan dalam mengatur proxy, vpn, username, dan password akan menyebabkan lambatnya koneksi internet pada smartphone Android anda.


Jika anda tidak pernah mengganti-ganti pada bagian ini, maka kemungkinan bukan bagian setting jaringan yang membuat koneksi internet Android anda menjadi lemot.


4. Terserang Virus/Malware Jahat


Virus ataupun malware jahat bisa menjadi penyebab utama Android serasa lemot dan lambat, terutama pada koneksi internet. Kemungkinan besar, malware ini timbul di karenakan anda mengistal apk dari pihak ketiga yang belum terjamin keamanannya.


Untuk itu, jika anda ingin menginstal aplikasi hendaklah anda menginstal dari Google Playstore, yang sudah jelas keamanannya.


II. Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android


Selain penyebab di atas penyedia jaringan Internet juga dapat mempengaruhi cepat lambatnya koneski internet anda, kecepatan koneksi Internet di smartphone anda juga ditentukan oleh di atas dan bahkan masih ada hal-hal lainnya. Lakukan cara-cara berikut ini pada smartphone anda, agar koneksi Internet di smartphone Android anda semakin cepat.


1. Kompres Gambar

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Kebanyakan browser sudah dilengkapi dengan fitur Data Saving. Selain dapat menghemat kuota, fitur Data Saving juga dapat mempercepat koneksi Internet anda. Dengan mematikan muatan gambar atau memperkecil/mengompres gambar di browser hingga tampilan menjadi lebih kecil, maka proses loading halaman akan semakin cepat.


2. Gunakan VPN

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Ada saatnya koneksi Internet di tempat anda menjadi sangat lemot, hingga saat dipake browsing, koneksi menjadi kewalahan. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan bantuan VPN untuk dapat terhubung ke alamat IP di negara lain.


Selain dapat digunakan untuk membuka situs yang telah diblokir pemerintah, meenggunakan VPN dapat mempengaruhi cepat koneksi Internet anda, asalkan terhubung dengan IP yang tepat.


3. Atur User Agent

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Kebanyakan situs telah dibuat responsif agar bisa dengan otomatis menyesuaikan tampilan bila dibuka di smartphone atau di komputer. Sayangnya terkadang ada saja pengguna yang masih menggunakan tampilan deskop pada smartphonenya, sehingga berdampak Internet menjadi lambat. Nah, agar koneksi Internet di smartphone anda semakin cepat, atur User Agent di browser kamu menjadi Mobile. Tujuannya agar data dapat dikompres sesuai dengan tampilan Mobile.


4. Pakai Aplikasi 3G/4G Speed Optimizer


Untuk anda yang smartphonenya sudah dalam keadaan root, anda dapat mempercepat koneksi Internet anda hingga 2x lipat dari sebelumnya, dengan bantuan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer. Cara kerja aplikasi ini dengan memberikan tweak khusus yang memberikan anda kebebasan untuk mengatur dan memilih kecepatan koneksi Internet dengan sesuka anda.


Dengan menerapkan cara mempercepat internet di atas, saya jamin Internet di smartphone Android anda tidak lemot lagi. Gimana mudah kan cara mempercepat koneksi Internet di Android ini? Selamat mencoba dan selamat menikmati.


Baca Juga :



loading...
Sign out
Baca Juga ×
Powered by Blogger.