3 Cara Menambah Memori Internal Android Yang Anda Miliki, Tanpa Root

3 Cara Menambah Memori Internal Android Yang Anda Miliki, Tanpa Root
loading...
Cara Menambah Memori Internal

TEK-NOW - 3 Cara Menambah Memori Internal Android Yang Anda Miliki, Tanpa Root - Seperti halnya Flashdisk, Floppy, Hardisk dan lainnya jika dilihat pada fungsi dari alat-alat tersebut, alat tersebut berfungsi sebagai media penyimpanan seperti memori internal dan memori eksternal atau sebagai perangkat keras, yang memang sudah di sediakan di berbagai perangkat seperti komputer dan mobile untuk menampung file atau berkas-berkas yang anda miliki.

Untuk kapasitas sebuah memori internal tentu sangat berbeda-beda, ada yang hanya dalam satuan MB dan adapula hingga satuan GB. Untuk saat ini sudah banyak yang menggunakan kapasitas memori hingga bergiga-giga besarnya.

Lalu, bagaimana cara menambah memory internal android yang kapasitannya kecil menjadi kapasitas yang besar? Anda hanya harus mengganti memory tersebut ke kapasitas yang lebih besar, akan tetapi cara ini hanya berlaku untuk memory eksternal saja sehingga mudah untuk melepasnya. Bagaimana dengan memory internal? Nah, disini TEK-NOW akan memberikan tips dan trik bagaimana Cara menambah memori internal android yang anda miliki.

Jika anda ingin menambah memori nda memerlukan aplikasi bantuan yang bisa anda dapat di PlayStore di antaranya aplikasi Link2SD, Software Mini Tool Partition atau anda bisa juga dengan menggunakan Flashdisk. Untuk caranya silahkan anda simak selengkapnya.

3 Cara Menambah Memori Internal Android 


1. Cara Menambahkan Memori Internal Android Dengan Aplikasi Link2SD
  1. Silahkan anda download dan install aplikasi Link2SD dari PlayStore.
  2. Jika sudah anda install, sekarang masukan SD Card ke HP Android anda, selanjutnya anda jalankan aplikasi Link2SD dan pilih ext 4.
  3. Langkah selanjutnya restart/reboot hp android anda.
  4. Jalamkam kembali aplikasi Link2SD dan pastikan bahwa memory anda statusnya telah di Mouted, jika belum silahkan anda ulangi langkah-langkah di atas dari awal sampai akhir, jika tetap gagal coba dengan  mengganti ext 4 menjadi ext 2 atau ext 3.
  5. Jika berhasil, akan secara otomatis memory internal android anda akan bertambah.
  6. Selesai.
Mungkin untuk cara yang ke-1 ini terlalu singkat, dan kemungkinan anda tidak berhasil menerapkannya, maka untuk itu ikuti cara selanjutnya di bawah ini.

2. Cara Menambahkan Memory Internal Android Dengan Aplikasi Mini Tool Partition
  1. Silahkan anda Download kemudian install Aplikasi Mini Tools Partition di PC/Laptop
  2. Setelah itu silahkan ada sambungkan SD Card memori atau memori internal ke pc/laptop, tunggu hingga pc terbaca, kemudian klik Micro SD dengan cara klik kanan lalu pilih delete (hal ini akan menghilangkan data-data anda).
  3. Langkah selanjutnya anda buat partisi baru, untuk yang pertama file system FAT 32 yang nantinya akan menjadi memori eksternal (di sesusaikan dengan kapasitas penyimpanan), simpan dengan nama terserah anda lalu pilih type primary dan file system FAT 32 lalu OK.
  4. Jika sudah sekarang anda buat partisi kedua dengan system EXT 4 (yang akan menjadi memori internal tambahan).
  5. Pilih Unallocated kemudian create partition, untuk melanjutkannya tekan yes lanjutkan dengan pilihan setting 1GB pada EXT 4, selanjutnya anda buat nama terserah anda lalu simpan pilih type primary dan file system ext 4 kemudian pilih ok.
  6. Langkah selanjutnya, anda buat partisi terakhir, yakni dengan file system swap memory (berguna untuk meningkatkan kapasitas memori eksternal). Silahkan anda memiilih unallocated (sisa kapasitas memori), apabila tampil notifikasi tekan saja yes untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya, setelah itu buat label baru dan pilih type primary dan juga file system Linux Swap kemudian tekan OK.
  7. Pada tahap trakhir anda tinggal menekan tombol Apply, dan tunggu hingga proses penambahan selesai.
Memang untuk cara ke-2 ini sangat ribet, akan tetapi cara ini ampuh untuk menambah memori internal android yang anda miliki. Jika cara ini belum juga berhasil, lakukan cara ke-3 ini.
Baca Juga : 

3. Cara Menambahkan Memory Internal Android Dengan Flashdisk
Untuk cara yang terakhir ini, mungkin sedikit aneh dikarenakan menggunakan perangkat tambahan Flashdisk, berikut cara-caranya.
  1. Pertama-tama anda siapkan alat dan bahan-bahannya, yaitu USB Flashdisk yang akan berguna untuk mengakses android anda, kemudian hubungkan ke hp android anda menggunakan OTG (On The Go)
  2. Pastikan Flashdisk terbaca pada hp android, untuk mengecek flashdisk terhubung atau tidak, anda bisa mengeceknya melalui : Buka menu seting > Store, disitu anda akan melihat penyimpanan anda telah terpasang, jika tidak terpasang klik Mount.
  3. Setelah terpasang, maka secara otomatis memori internal anda akan bertambah, untuk mengaksesnya anda bisa menggunakan aplikasi File Manager/File Management.
  4. Jika anda ingin melepaskannya dengan cara aman, maka lakukan unmouting terlebih dahulu (bisa dari menu setting > storage atau dengan notifikasi).
  5. Selesai.
Nah, Bagaimana? Apakah anda berhasil melakukan penambahan memori internal yang anda miliki? Selamat jika anda berhasil melakukannya. Untuk yang belum berhasil coba kembali baca-baca dari cara ke-1 hingga cara ke-3.
loading...
Sign out
Baca Juga ×
Powered by Blogger.